Jika menggunakan VirtualBox bisa baca tutorial ini dahulu Cara konfigurasi VirtualBOX untuk Virtual Operating system
Langsung saja kita mulai instalasinya
1.jika muncul gambar seperti dibawah ini kita langsung menginstall Server debian kita pilih Install saja.Kemudian tekan Enter.Kita memilih installya tidak Graphical Install maka disini kita tidak menggunakan Mouse. jadi yang digunakan hanya keyboard. Bisa lihat pemberitahuan dibawah layarnya ada shorcut tombol2 nya. • Panah atas bawah Kiri Kanan untuk memindahkan pilihan.
• TAB untuk berpindah posisi,
• ENTER untuk memilih atau mengeksekusi,
• SPACE untuk Select atau klik di mouse
2.Selanjutnya silahkan pilih bahasa. Kita pilih English saja Lalu Enter.
3. Kemudian Pilih Lokasi , Disini kita pilih United States . Lalu ENTER.
4. Pada Configure Keyboard Pilih saja American English. Lalu Enter.
5.Selanjutnya Kita akan mengkonfigurasi network setelah selesai installasi, jadi kita Pilih Continue Lalu Enter..
6.Selanjutnya pilih Do Not Configure Network at This Time.
7.Kemudian untuk HOSTNAME, bisa diisi dengan nama server sesuai kebutuhan. Kalau saya isi Debianserver. Lalu pilihContinue kemudian Next
8. Kemudian isikan password Root sebagai super user nantinya. Isikan yang mudah anda ingat saja. Lalu Enter.
9. Masukkan lagi Passwoard yang sama untuk konfirmasi. Lalu Enter.
10. Kemudian isikan nama user baru boleh isi nama masing masing. misal Agnes lalu silahkan Enter..
11.Lalu masukkan password untuk user. boleh sama dengan password root sebelumnya. jika sudah lalu Enter.
12. Masukkan ulang sebagai Konfirmasi password. lalu Enter.
13.Kemudian kita pilih zona waktu kita berada sekarang dimana.Lalu ENTER
14.Selanjutnya kita akan mengatur partisi hardisk secara otomatis. kita pilih Guide - use entire disk, lalu Enter.
15.Lalu pilih Finish Partitioning.Lalu Enter.
16.Disini kita pilihYES. untuk format hardisk , Lalu Enter.
17.Tunggu sebentar sambil menunggu proses format selesai.
18. Selanjutnya kita disuruh apakah akan menscan CD atau DVD lain. pilih NO.
20. Selanjutnya pada participate survey pilih saja NO.
22. Tunggu sampai proses selesai.
23. Pada install GRUB pilih YES.
24 .Pada Device for Boot pilih Dev/sda lalu enter. Dan tunggu loding nya selesai.
25. Kemudian Pilih Continue dan poses instalasi pun selesai.
26.Jika tampilan sudah seperti ini maka instalasi sudah selesai.
Oke jadi ini yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi teman- teman semua ,saya ucapkan terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar